Bandung, 30 Mei 2024 – Mahasiswa/i Telkom University dari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis yang bernamakan Ageung sukses melakukan kegiatan di main-event Urban Village Sandyakala 2024 dengan mempersembahkan performance untuk memperkenalkan identitas perkembangan Kota Bandung sebagai Kota Metropolitan kepada seluruh Mahasiswa/i Telkom University.
Bandung hingga saat ini mengembangkan potensinya menjadi Kota Metropolitan, dengan menyeimbangkan penggunaan fasilitas umum dan infrastruktur yang lebih modern tanpa meninggalkan kesan keindahan Kota Bandung yang masih dipenuhi dengan bangunan- bangunan peninggalan sejarah. Ageung melakukan salah satu kampanye yang bergerak untuk menyebarkan awareness dan pengetahuan mengenai Kota Bandung sebagai Kota Metropolitan. Yaitu, Main-Event Ageung yang bertujuan untuk menunjukkan kepada Mahasiswa/i Telkom University tentang apa saja yang ada pada Ageung tersebut dan memamerkan karya yang dibuat oleh Ageung itu sendiri.
Ageung menampilkan sebuah mini event yang berbentuk kabaret dengan judul ‘Beranjak Ageung’. Kabaret ini menggambarkan perkembangan Kota Bandung dari masa ke masa sebagai kota Metropolitan. Tokoh utama bernama Ajeng, seorang mahasiswi yang merantau dari Jakarta untuk berkuliah di Bandung tak sengaja bertemu seorang kakek tua di jalan Braga. Sang kakek mengisahkan perubahan yang ia alami selama kurang lebih 74 tahun menjadi warga Kota Bandung. Kabaret akan diakhiri dengan menyanyikan jingle dari Ageung, yaitu “Ageungna Bandung”. Selain itu, Ageung juga memamerkan booth mereka dengan dekorasi yang mempersembahkan Bandung Kota Metropolitan. Di booth tersebut para pengunjung diajak berkeliling untuk merasakan pengalaman baru serta bermain mini games yang dipersembahkan langsung oleh tim Ageung.
Acara tersebut mengundang para Rektor serta jajarannya, Kaprodi serta jajarannya dan para Mahasiswa/i aktif Telkom University. Acara Urban Village Sandyakala tersebut menjadi ajang kompetisi untuk Ageung tersendiri karena mampu menampilkan kabaret oleh tim Ageung dan mempresentasikan booth Ageung yang patut diapresiasi dan mampu mengembangkan awareness yang terdapat pada Ageung itu sendiri.
Urban Village Sandyakala yang biasa dikenal sebagai Urvill adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh prodi Ilmu Komunikasi Telkom University. Acara tersebut diselenggarakan pada Kamis, 30 Mei 2024 open gate mulai dibuka pada jam 09.00 WIB di Gedung Serba Guna Telkom University. Urvill tersebut mengundang berbagai Mahasiswa/i aktif di Telkom University untuk memeriahkan acara tahunan tersebut.
Acara ini sukses memberikan kesempatan bagi para peserta/audiens untuk belajar mengenai potensi-potensi yang ada di Bandung melalui berbagai kegiatan edukatif dan interaktif yang sederhana, serta berbagi pengalaman dan ide dalam meningkatkan kemajuan wilayah melalui partisipasi aktif. Dalam acara ini, setiap kelas memberikan kontribusi dengan mengenalkan potensi Kota Bandung yang unik dan beragam, mulai dari Budaya, UMKM, Metropolitan, Musik, Budaya Populer, Sejarah, Kuliner, hingga Seni. Kegiatan ini sangat populer dan dihadiri oleh banyak orang karena acara ini selalu dilakukan setiap tahunnya oleh mahasiswa/i Ilmu Komunikasi, sehingga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berbagi pengalaman, berdiskusi, dan meningkatkan kesadaran tentang potensi kota Bandung yang sangat berharga.
Melalui Urban Village Sandyakala 2024 ini, tim Ageung berhasil mempresentasikan awareness dan pengetahuan yang baru mengenai Kota Bandung sebagai Kota Metropolitan dengan cara yang tidak biasa dan berhasil menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.
Leave a Reply