Perkembangan situasi ekonomi, sosial, dan teknologi di era baru akan mengubah tren belanja masyarakat. Oleh karena itu, setiap bisnis di berbagai industri harus siap untuk secara cepat beradaptasi dengan perubahan tersebut. Saat ini, terjadi penurunan yang signifikan dalam tren belanja di layanan e-commerce, khususnya jika dibandingkan dengan puncak masa pandemi. Dampak dari penurunan tersebut telah menyebabkan pertumbuhan bisnis menurun secara bertahap, yang pada gilirannya memaksa banyak startup teknologi di tanah air untuk melakukan pemutusan hubungan kerja dengan sejumlah besar karyawan mereka.
“Kalau dibandingkan dengan tahun 2022 yang growth rate-nya bisa menembus 32%, kali ini estimasinya (tingkat pertumbuhan e-commerce di Indonesia) hanya sebesar 15-20%. Alasannya sangat multifaktor, mulai dari persaingan pasar yang makin ketat sampai situasi ekososial sekarang,” tutur Glenn Karela, CPM (Asia), founder dari Marketing Enthusiast Community yang merupakan komunitas pemasaran ternama di Indonesia.
Selain keberadaan banyak pesaing di sektor e-commerce dan teknologi, potensi resesi ekonomi global tahun 2024 dan gangguan distribusi pasokan bahan baku akibat konflik Rusia-Ukraina turut berperan dalam meningkatkan harga produksi. Akibatnya, harga produk menjadi lebih tinggi, menyebabkan konsumen menjadi kurang berminat untuk berbelanja.
Untuk membantu proses adaptasi bisnis menghadapi tantangan ini, BINUS Business School mendukung kerja sama antara Marketing Enthusiast Community (MEC) dan platform konten audio streaming lokal, Noice, menyelenggarakan acara talk show berjudul “Future Focus: Unveiling 2024 Marketing Trends” pada 25 Januari 2024. Acara ini dilaksanakan di Noice Space, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, dan juga secara hybrid melalui platform Noice.
Mata Acara Future Focus: Unveiling 2024 Marketing Trends
Untuk mempersiapkan para marketer muda menghadapi dinamika perubahan tren pasar yang pesat pada tahun 2024, Noice dan MEC telah mengundang empat narasumber ahli untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka.
Keempat narasumber tersebut yaitu Hendra Yuniarto (CMO KFC), Ignatius Untung (CMO Allo Fresh), Veronica Utami (COO Halodoc dan mantan Marketing Director Google SEA dan YouTube APAC), serta Rusdy Sumantri (Direktur NielsenIQ). Para peserta yang menghadiri acara secara langsung atau melalui live streaming di Noice memperoleh wawasan dari dua sesi penting.
Pada sesi pertama, Rusdy Sumantri menyajikan ringkasan tren pemasaran tahun 2023 dan data proyeksi tren pemasaran tahun 2024 untuk sektor F&B, FMCG, kesehatan, hiburan, dan e-commerce.
“Saya harap data-data yang dikumpulkan melalui kerja keras semua orang di NielsenIQ bisaberguna untuk para marketer yang hadir,” kata Pak Rusdy tentang perasaannya diundang sebagai salah satu narasumber.
Sesi berikutnya menampilkan diskusi panel dengan Hendra Yuniarto, Ignatius Untung, dan Veronica Utami. Mereka berbagi rahasia kesuksesan strategi pemasaran dalam bisnis masing-masing, terutama dalam menghadapi tantangan yang melibatkan industri dan strategi komunikasi publik.
Dukungan dari BINUS Business School
Dalam upaya untuk menyukseskan acara “Future Focus: Unveiling 2024 Marketing Trends,” BINUS Business School turut memberikan dukungan kepada Marketing Enthusiast Community dan Noice. Untuk meningkatkan partisipasi peserta baik secara langsung di lokasi talk show maupun melalui live streaming, BINUS Business School aktif mempromosikan kesempatan untuk menghadiri acara ini kepada seluruh komunitas akademiknya, terutama mahasiswa.
Acara talk show ini dianggap sebagai peluang bagi mahasiswa BINUS Business School dan para profesional pemasaran untuk mendapatkan wawasan tambahan di luar ruang kelas, melalui pengalaman nyata yang dibagikan oleh para ahli di industri ini. Dengan demikian, mereka diharapkan dapat lebih siap berkontribusi secara konkret dalam perkembangan industri, mengaplikasikan ilmu dan ide kreatif yang mereka peroleh.
Langkah ini sejalan dengan visi misi BINUS Business School yang berkomitmen untuk melahirkan pemimpin dan entrepreneur yang mampu memenuhi tuntutan pasar serta berperan dalam kemajuan masyarakat. Menyadari bahwa tahun baru seringkali membawa perubahan tren belanja konsumen, khususnya dalam konteks dinamika situasi ekonomi, sosial, dan politik, kerjasama antara MEC dan Noice dalam menyelenggarakan talk show bertujuan untuk mengungkap tren pemasaran tahun 2024. Empat marketer berpengalaman berbagi pandangan mereka dengan dukungan penuh dari BINUS Business School.
Peserta diundang untuk mendaftar dan menghadiri acara secara langsung di Noice Space atau mendengarkan paparan para narasumber melalui platform live streaming Noice pada tanggal 25 Januari 2024.
Leave a Reply